Rabu, 24 Agustus 2016

Bali oh Bali...keindahanmu tidak ada habisnya. saya rasa kita semua setuju bahwa Bali merupakan sebuah destinasi pariwisata di Indonesia yang paling memorable, apalagi jika berkunjung ke Bali untuk pertama kalinya, saya yakin pasti kita semua menyimpan kenangan tersendiri dan ingin segera kembali ke tempat yang dijuluki paradise ini. Tidak hanya kaya akan budayanya, namun Bali juga terkenal akan berbagai macam daya tarik wisatanya entah itu wisata buatan maupun wisata alam.

Pada bulan juni lalu, saya berkunjung ke salah satu daya tarik wisata yang ada di Bali. bukan pantai, bukan gunung ataupun juga danau. saya sengaja memilih daya tarik wisata yang jarang bahkan sulit untuk ditemukan di era seperti ini, yaitu terasering persawahan. nama tempat wisatanya adalah Tegalalang Rice Terrace. Berlokasi di bagian utara Ubud tepatnya di desa Tegalalang, daya tarik wisata ini menyuguhkan landscape terasering sawahnya yang indah dan atmosphere pedesaan yang sejuk dan damai. sangat pas untuk melepaskan jenuh dari kegiatan sehari-hari!




Maybe, some of you asked "What we gonna do over there?" Tenang, pada kali ini saya akan membagikan tips untuk kalian tentang apa aja sih yang dapat dilakukan di Tegalalang Rice Terrace, let's find out!

#1. Buying a Souvenir

Ubud merupakan salah satu daerah yang terkenal akan kerajinan seni-nya, itu terbukti dengan adanya 2 pasar yang amat terkenal menjual beragam kerajinan kesenian khas Bali, diantaranya Pasar Seni Sukawati dan Pasar Seni Ubud. Nah, Sebelum masuk kedalam rice terrace tepatnya di sekitar area pingir jalan, kalian juga akan menemukan banyak toko yang menjual souvenir khas Bali yang dibuat langsung oleh pengerajin seni dari Ubud. harganya gak jauh beda dengan ada yang di pasaran, very valuable untuk dibawa pulang!

source ; Google

Source : TripAdvisor


#2. Chillin' at Cafe around Tegalalang 

Selain terdapat banyak toko souvenir, di kawasan wisata tegalalang rice terrace juga terdapat banyak cafetaria dan juga restoran. hampir di setiap pingir jalan kalian bisa menemukan banyak cafe dan restoran yang menyuguhkan berbagai macam menu makan dan minuman. Biasanya di cafetaria dan restoran ini selalu dipenuhi wisatawan lho, di sini kalian bisa menyantap hidangan sambil menikmati keindahan landscape sawah tegalalang yang hijau. what a holiday!

Source : TripAdvisor

Source : TripAdvisor


#3. Roming around the Tegalalang Rice Terrace

Kalo yang satu ini sudah pasti dan wajib. ketika masuk kedalam rice terrace, kalian akan disuguhkan pemandangan sawah yang luas dan hijau. kalian cukup mengikuti rute jalan yang telah disediakan dari start hingga finish untuk melihat dan menjelajahi keindahan alami dari terasering sawah tegalalang ini. For your information, di sekitar rice terrace ketika melakukan perjalanan menyusuri sawah kalian akan menemukan beberapa pos atau gubuk, untuk bisa melanjutkan perjalanan biasanya kalian harus membayar di pos / gubuk tersebut. tenang, tidak ada tarif biayanya. cukup se-ikhalsnya guys.

menikmati keindahan terasering.

Yuk berkeliling!


#4. Taking a picture with property

Selagi menjelajahi sawah tegalalang, kalian juga harus mengambil gambar keindahan landscape sawah yang alami ini. tidak ada pungutan biaya untuk pembawaan barang elektronik seperti laptop, kamera, handpone dan sejenisnya. So, kalian bisa berfoto sepuas-puasnya. pada sepanjang perjalanan kalian pasti menemukan spot-spot yang pas untuk mengambil gambar dan tidak hanya itu, di sekitar area sawah terdapat petani-petani yang menyewakan beberapa properti untuk wisatawan berfoto, properti itu berupa alat-alat yang biasa mereka gunakan untuk bersawah. tarif biayanya kurang lebih 10-15 ribu rupiah. keren kan buat nambah kesan petani sawah pedesaan?

Source : Google

Source : TripAdvisor


#5. Enjoying Landscape from the Top

Well, last but not least. beli souvenir sudah, makan & minum di cafe sudah, berkeliling area sawah sudah, mengambil gambar pun sudah. Nah untuk yang terakhir ini, saya mengajak kalian semua untuk benar-benar menikmati keasrian dari tegalalang rice terrace ini. di area tegalalang rice terrace tepatnya di bagian sebelah timur sawah, terdapat pos persinggahan yang merupakan puncak dari terasering persawahan tegalalang, telah disediakan tempat duduk yang posisinya pas menghadap pemandangan terasering sawah. kita bisa melihat lebih jelas keindahan terasering persawahan tegalalang dari atas. simpan handphone dan kamera kalian, Hirup nafas yang panjang dan lihatlah betapa asrinya persawahan tegalalang dari atas!

Enjoy!

Relaks!

Sangat menyenangkan apabila bisa mengunjungi dan melihat langsung keindahan sawah pedesaan, salah satunya persawahan terasering tegalalang ini, sawah mungin sering kita temukan tapi yang mempunyai terasering seindah ini tentu sangat jarang. Yang menjadi tugas kita saat ini adalah bagaimana kita dapat menjaga dan melestarikannya agar keindahan alam seperti ini tidak hanya dapat dinikmati oleh mata kita saja melainkan dapat dinikmati oleh mata anak anak cucu kita kelak.

Well, that's all! Semoga kelima hal di atas dapat menambah kesan memorable liburan kalian semua selama di tegalalang rice terrace, Thank you!


N.b : sebagian foto diambil dari google dan sebagian lagi merupakan dokumentasi pribadi (sumber tertera)

13 komentar:

  1. wahh bisa jadi rekomndasi nih buat liburan nanti hehehe
    kereen mas :)
    ditunggu jejaknya di beranda saya. salam kenal www.faridaryany.com :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk main-main ke sawah mba hehe :d

      segera meluncur!

      Hapus
  2. kalo ubud memang juaranya untuk terrace kaya gitu... kagum pokoknya deh

    indonesiaitugue.com

    BalasHapus
  3. aku juga pernah kemari, alamnya asri ya

    BalasHapus
  4. Wow makan di cafetarianya bisa sambil ngelihatin sawah. Amazing moment

    BalasHapus
  5. Kalo gw cukup nongkrong aja, ngopi sambil ngerokok menikmati pemandangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mas cum, asal puntung rokoknya jgn dilempar sembarangan :p

      Hapus
    2. Puntung nya di bawah pulang trus di koleksi, bisa yaaa hua hua

      Hapus
  6. Bali memang menjadi tempat yang paling sering dibuat liburan. Selalu ada rasa rindu untuk ke Bali

    BalasHapus

Leave your comment here